Selasa, 12 April 2011

teliti sebelum pasang kawat gigi

Hi Moms n Dads... 
Sudah tahu kan kalau behel alias kawat gigi bukanlah aksesoris semata melainkan seperangkat alat untuk memperbaiki susunan gigi kita? 
Menyambung pembahasan kawat gigi di artikel Gigiku Cantik Dengan Behel Keren, saat ini banyak sekali pihak-pihak yg menawarkan jasa pelayanan pemasangan kawat gigi yang kadang membuat kita bingung untuk menentukan pilihan dimana sebaiknya kita atau anak kita mendapatkan pemasangan kawat gigi. 
Apakah hasil perawatan semuanya akan sama? Hati-hati... Alih-alih ingin gigi yang rapih dan senyum menawan malah gigi kita bisa jadi malah tambah parah lho...
    Nah, supaya jangan salah mengambil keputusan, pada artikel ini kami ingin berbagi mengenai hal-hal yang harus kita teliti dan pertimbangkan sebelum memutuskan pemasangan kawat gigi atau perawatan Ortodontik, agar tercapai keinginan kita punya senyum yang lebih cantik dan sehat tentunya... 

    Kenapa harus teliti ?
    1. Perawatan orto tidaklah murah  
    2. Dapat mengubah susunan gigi geligi dan kecantikan senyum, bahkan pada kasus-kasus tertentu dapat mengubah penampilan wajah. Selain itu dapat juga mengubah hubungan rahang sehingga mempengaruhi kenyamanan mengunyah  
    3. Kesalahan perawatan ortodontik sulit dikoreksi. Apabila sudah salah langkah melakukan pemasangan kawat gigi di dokter gigi/tukang gigi yg tidak kompeten, dan terjadi kesalahan dalam arah pergerakan gigi, misalnya gigi menjadi miring, akan sulit sekali untuk mengoreksi posisi gigi yang sudah salah tersebut daripada mengoreksinya dari awal. Dan apabila setelahnya, pasien datang ke drg. Spesialis Ortodontik (Sp.Ort), biasanya mereka akan menolak untuk melanjutkan perawatan atau biaya perawatan jauh lebih mahal. Kesalahan perawatan tersebut dapat bersifat permanen sama seperti halnya gigi yang sudah terlanjur dicabut untuk perawatan behel, tidak mungkin dipasang lagi giginya..
    Bagaim­ana cara memilih orthodontist (dokter gigi spesialis kawat) yang tepat untuk anak ataupun untuk momies & dadies ?


    1. Pastikan memang drg spesialis dan komunikatif:
    • Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang menjalani program pendidikan spesialis setelah menyelesaikan pendidikan dokter gigi umumnya. Program pendidikan spesialis dijalankan minimal selama 3 tahun di universitas negeri bukan hanya karena mengikuti kursus singkat baik di dalam maupun di luar negri.  
    • Ada gelar spesialis : Sp.Ort dibelakang namanya
    • Anggota IKORTI (Ikatan Ortodontis Indonesia), yg merupakan asosiasi resmi spesialis ortodonti di Indonesia dan juga diakui keberadaannya oleh dunia (World Federation of Orthodontist)
    • Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter gigi anda mengenai kualifikasi pendidikan dan kompetensinya
    • Anda merasa nyaman berkomunikasi dengan ortodontisnya mengenai perawatan orto anak anda atau anda sendiri dan berbagai alternatif perawatan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal
          2.  Pastikan drg spesialis orthonya memang rutin berpraktek di tempat praktek     tersebut
    • Hal ini dikarenakan rata-rata lama perawatan orto adalah 2 tahun sehingga sebaiknya anda memastikan bahwa orthodontist tersebut tidak akan kemana2 dalam 2 tahun tersebut
    • Tanyakan hari dan jam prakteknya pada klinik tersebut dan apakah orthodontist tersebut memiliki surat ijin praktek di tempat tersebut ATAU memiliki tempat praktek lain/sendiri yang dapat dikunjungi apabila terjadi sesuatu
    Penting sekali anda mengetahui nomor telpon orthodontist tersebut supaya dapat senantiasa menghubungi apabila terjadi sesuatu


    3. Bila memungkinkan sebaiknya lokasi tempat praktek dekat dengan tempat tinggal
    • Hal ini dikarenakan perawatan orto membutuhkan kunjungan kontrol sebulan sekali sehingga harus bolak-balik ke tempat praktek tersebut                                                         
    4. Jangan tergiur dengan biaya murah, kemudahan dan insentif-insentif lainnya
    • Hati-hati dengan dokter gigi yang menerima pembayaran cicilan atau insentif2 lainnya untuk perawatan behel, hal ini dikarenakan kemungkinan dokter gigi tersebut hanya ingin menarik pasien sebanyak mungkin dan masih meraba-raba mengenai perawatan behel. Dokter gigi spesialis orto pada umumnya tidak menerima pembayaran dengan cicilan kecuali yang bekerja sama dengan pihak bank, atau cicilan kartu kredit.
    Bila ingin mendapatkan perawatan ortodontik yg murah dan hasil baik, sebaiknya pergi ke institusi-institusi pendidikan Fak. Kedokteran Gigi Universitas Negeri yang mengadakan program pendidikan spesialis Ortodontik. Disana pasien akan dilakukan perawatan oleh dokter gigi yg sedang dalam pendidikan spesialis, dan di bawah pengawasan langsung oleh Dosen dokter gigi spesialis ortho. 
    Demikian yang dapat kami bagikan untuk Momies and Dadies, hal ini kami lakukan agar pasien mendapatkan perawatan terbaik dan melindungi pasien dari kerugian-kerugian yang tidak diinginkan. Artikel lain mengenai pemasangan kawat gigi dapat dilihat di http://www.zikri.com/2010/07/28/jangan-pasang-kawat-gigi-sembarangan/
    http://www.zikri.com/tag/drg/ 


    Artikel ditulis dan diedit oleh drg. Priska Hendrawan, SpOrt dan drg. Melissa Antonia, SpKGA

    sumber gambar : http://www.gettyimages.de/

    "This is an original article. Copying is allowed if you mention our Blog as the source"

    "Artikel ini adalah artikel original. Mengkopi diperbolehkan asalkan mencantumkan Blog kami sebagai sumbernya." 

    21 komentar:

    1. selamat sore dok,
      mau tanya dok, pada umumnya biaya perawatan/pasang behel untuk merapihkan gigi berkisar berapa ya dok?
      trimakasih :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo,

        Biaya perawatan behel sangat bervariasi, tergantung dari institusi yg melayani, keparahan kasus dan jenis behel.
        Biaya pasang behel di institusi pendidikan tentunya berbeda dengan klinik gigi atau Rumah sakit.
        Demikian juga untuk kasus yg kompleks tentunya biayanya juga lebih mahal daripada kasus sederhana.
        Sebaiknya sebelum memutuskan pasang behel pada dokter gigi tertentu, pasien menimbangnya matang-matang, membandingkannya dengan beberapa dokter sehingga mendapatkan perbandingan harga yg rasional untuk kasus giginya.

        Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat :)

        Hapus
    2. mau tanya dok ,,
      saya dtawari pasang behel untuk gigi gingsul saya,, ,
      trus saya mikir ,takut akan hasil yang tidak baik/gagal...untuk mngetahui tau tidaknya tempat praktek dokter yang bisa dipercaya itu sperti apa ya dok,,???

      @ magelang,03 maret 2013

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hallo Yasin,

        Terimakasih untuk pertanyaannya..

        Memang sekarang banyak sekali "oknum2" yang menawarkan pemasangan behel dan Yasin harus lebih teliti dan kritis menanggapinya, karena pemasangan behel oleh orang2 yang tidak kompeten dan tidak bertanggung jawab dengan iming2 harga yang murah dapat menimbulkan banyak sekali masalah.

        Tidak semua dokter gigi memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan behel, dokter gigi yang kompeten untuk itu adalah dokter gigi spesialis ortodonti. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah apakah ada gelar Sp.Ort di belakang namanya.

        Apabila Yasin masih ragu, Yasin bisa mencari tahu ke beberapa rumah sakit2 terdekat untuk mencari dokter gigi spesialis ortodonti yang kompeten melakukan perawata behel untuk mendapatkan senyum rapih dan indah yang Yasin inginkan.

        Demikian jawaban dari kami, semoga bisa membantu dan semoga Yasin bisa mendapatkan perawatan behel gigi dari dokter gigi yang berkompeten.

        Hapus
    3. Hallo Yasin,

      Terimakasih untuk pertanyaannya..

      Memang sekarang banyak sekali "oknum2" yang menawarkan pemasangan behel dan Yasin harus lebih teliti dan kritis menanggapinya, karena pemasangan behel oleh orang2 yang tidak kompeten dan tidak bertanggung jawab dengan iming2 harga yang murah dapat menimbulkan banyak sekali masalah.

      Tidak semua dokter gigi memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan behel, dokter gigi yang kompeten untuk itu adalah dokter gigi spesialis ortodonti. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah apakah ada gelar Sp.Ort di belakang namanya.

      Apabila Yasin masih ragu, Yasin bisa mencari tahu ke beberapa rumah sakit2 terdekat untuk mencari dokter gigi spesialis ortodonti yang kompeten melakukan perawata behel untuk mendapatkan senyum rapih dan indah yang Yasin inginkan.

      Demikian jawaban dari kami, semoga bisa membantu dan semoga Yasin bisa mendapatkan perawatan behel gigi dari dokter gigi yang berkompeten.

      BalasHapus
    4. Salam kenal dok,
      saya dayat dari palembang, mau menanyakan tentang gigi saya yang lumayan maju., apakah gigi saya masih bisa "dimundurkan" di usia saya yg masih 18 tahun, brapa lama perawatannya? apakah ada perubahan di bibir jika gigi "mundur" ?? dan berapa kisaran total biaya yang harus saya siapkan selama perawatan sampai gigi saya mundur??

      Terimakasih sebelumnya dok..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo Dayat, salam kenal juga....

        Mohon maaf sekali baru membalas pertanyaannya, entah gimana saya missed dengan posting pertanyaan dayat.
        Boleh saya minta alat emailnya ? Nanti akan kami jawab via PM. Terima kasih.

        Hapus
    5. halo dok saya mau konsultasi
      dok saya pernh pake behel satu 1/2 th dan hasilnya sudah mendingan tp menurut saya masih krg optimal. saya pake behel cuma rahang atas saja. dan saya memiliki gigi rahang bawah agak sedikit kurang rapi apakah jika ingin hasil yg optimal harus pasang rahang atas dan bawah? pada saat saya takut jika memasang kedua rahang dok. dan setelah behel saya dilepas saya merasa tidak pd tidak menggunakan behel dan ketagihan dan saya berencana memakai behel lagi untuk rahang atas bawah. mohon informasinya dokter

      terimakasih :))

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hallo Peppy...

        Terima kasih atas pertanyaanya. Di klinik kami drg spesialis orto kami biasanya selalu merekomendasi pemakaian kawat gigi atas & bawah. Karena sistem pengunyahan harus seimbang & harmonis antara susunan gigi atas & bawah. Kalau gigi atas berubah karena pemakaian kawat, otomatis gigi bawah juga harus mengikuti supaya harmonis.

        Bila Peppy kurang puas dengan hasil gigi yg sudah dikawat , Peppy bisa mencari second opinion ke drg spesialis ortodontik lain/ ke fakultas kedokteran gigi yg melayani perawatan kawat gigi.
        Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

        Hapus
    6. Siang dok, sya Laras ada beberapa keluhan dngn gigi. Klo mau psang behel dngn spesialist ort sprti dr sendiri kira2 brapa biaya nya ya?
      silahkan inbox ke email saya : givertaku@yahoo.co.id
      Trimksih sblumnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. halo Aryo....

        Mohon maaf baru sempat membalas pertanyaannya. Untuk biaya sebaiknya Aryo langsung menelpon ke klinik kami di 021-58351000 / 5812725. Terima kasih... :)

        Hapus
    7. hallo dok, saya Hary..

      saya pernah memasang behel di drg spesialis ortho di Jogja selama 1,5 tahun dan hasilnya sudah lumayan rapi..
      saat itu saya lepas krn saya akan mengikuti tes masuk TNI..

      sekarang sudah hampir 2thn saya melepas behel dan berencana memasangnya kembali..
      apakah hal tsb diperbolehkan??
      domisili saya saat ini di Bogor...

      Terima Kasih.. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo Hary....
        Terima kasih atas pertanyaannya, mohon maaf baru dibalas sekarang. Gigi yg sudah pernah dirawat/dipasang behel, bila memang diperlukan boleh saja dipasang/ dirawat kembali dengan behel/ kawat gigi. Hal ini tergantung keadaan gigi saat ini & dokter gigi yg merawat.

        Sebaiknya cari drg spesialis ortodontis sehingga ia sudah paham betul tentang perawatan yg akan dilakukan. Demikian jawaban saya, semoga membantu.

        Hapus
    8. Dok kalo biaya pasang gigi kawat atas bawah berapa yah

      BalasHapus
    9. Dok kalo biaya pasang behel atas bawah sekitar berapa yah

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo Haebad....
        Untuk informasi lengkap mengenai biaya pemasangan behel mohon dapat langsung menelpon klinik kami di : 021-58351000 atau 5812725.
        Terima kasih....

        Hapus
    10. siang dok
      sya sudah pasang behel dari ahli gigi , saya takut pas saya liat cerita dokter , apa yg hrus saya lakukan sekarang ya dok?

      terimakasih

      BalasHapus
    11. dok saya sudah pasang behel di ahli gigi , saya takut pas liat blog ini , apa yg hrus saya lakukan skrng ya dok?
      teimakaaih

      BalasHapus
    12. dok saya sudah pasang behel dari ahli gigi , apa yg harus saya lakukan ya ? saya takut

      terimakasih ...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo Neca...
        Terima kasih atas pertanyaannya... Mohon maaf baru membalas pertanyaannya.
        Bila sudah terlanjur coba Neca berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis ortodontik terdekat ya... biasanya ada gelar drg. SpOrt. Bila ingin mendapatkan hasil yg bagus dengan biaya terjangkau, Neca dapat mengunjungi Fak Kedokteran Gigi Univ Negeri di kota Neca.
        Demikian jawaban saya, smoga bermanfaat

        Hapus
    13. Dok, kalau ingin tahu dokter spesialis ortho yg praktek di daerah lokal bagaimana ya? Soalnya kalau kontrol ke Jakarta terlalu jauh dan saya domisili Bogor. Mohon bantuannya dok..

      BalasHapus

    Pardon for our slow response of your comments...