Rabu, 19 Juli 2017

Behel canggih kekinian : Insignia

Ditulis oleh : drg. Priska Hendrawan, SpOrt

Hallo Bloggers...

Menyambung postingan mengenai tipe-tipe braket,  bloggers pasti sudah mengenal braket Damon. Braket Damon itu konon terkenal paling canggih, paling ga sakit, dan paling ‘cepat’ perawatannya...

Nah sekarang ada teknologi yang lebih canggih lagi loh, yaitu Insignia Braces... 
Apa sih Insignia Braces itu? 


Insignia braces adalah customized Damon braces, atau braket Damon tapi yang sudah di design khusus hanya untuk pemakainya tersebut.

Analoginya seperti ini,  Contohnya kita mau menikah nih..dan pasti untuk perempuan terutama yang paling penting adalah wedding dress nya kan, nah sang calon pengantin bisa memilih untuk menyewa baju jadi yang sudah available, tapi supaya bisa benar-benar pas di badan dan sesuai dengan keinginan jadinya harus banyak adjustment dan altering…atauuuu bisa memilih untuk membuat baju custom made yang unique, one and only, and special dan disesuaikan dengan selera dan keinginan calon pengantin tersebut...

Nah inilah bedanya Damon braces dengan Insignia braces.. 
Insignia braces itu adalah Damon braces yang dibuat khusus dan di design khusus sesuai dengan keinginan hasil akhir senyum yang maksimal, one and only dan yang paling cantik untuk pasien tersebut. 
Dan hebatnya lagi, pasien juga bisa melihat dulu loh hasil akhir senyum yang di design khusus untuknya.. 

Perbedaan signifikan dari proses customization ini adalah waktu perawatan yang lebih cepat, hal ini dikarenakan semuanya sudah di-design di awal dan tidak memerlukan adjustment dan altering yang berlebihan untuk mendapatkan hasil senyum yang maksimal. Menggunakan braket Insignia ini bisa mempersingkat lama perawatan sampai 6 bulan lebih cepat dibandingkan menggunakan braket Damon loh..


Lalu bagaimana sih proses nya dan proses apa yang berbeda dengan braket lainnya ?
Proses awalnya sama dengan braket lainnya, yaitu pasien harus terlebih dahulu melakukan rotngen foto, pengambilan foto kondisi gigi dan senyum before, dan dilakukan pencetakan gigi untuk mendapatkan model gigi. 






Lalu yang membedakan adalah, hasil cetakan ini akan dikirim ke US untuk di-digitalisasi dan di-simulasikan ke program komputer. Dokter spesialis behel (orthodontist) akan meng-input rencana perawatan dan hasil akhir senyum yang diinginkan pasien. Kemudian, program computer akan mensimulasi pergerakan gigi dari sebelum pemakaian behel ke senyum akhir (lihat video). 




video

Lalu setelah di-review dan di-approve oleh orthodontist nya, braket Insignia customized tersebut akan diproduksi dan kemudian dikirim balik ke orthodontistnya.. Proses ini mirip dengan Invisalign. Mungkin temen2 juga sudah banyak yang mengetahui mengenai Invisalign.



Ada satu hal lagi yang membuat Insignia braces ini special, yaitu yang diperbolehkan melakukan perawatan Insignia braces itu HANYA dokter gigi spesialis behel (orthodontist), dokter gigi umum atau bahkan tukang gigi ataupun ahli gigi tidak diperbolehkan loh melakukan perawatan Insignia braces ini. Pembatasan ini dibuat oleh produsen Insignia Braces untuk menjaga kualitas hasil perawatan yang dicapai dan memastikan tidak ada ‘penyalahgunaan’ braket Insignia tersebut. Ibaratnya kalau kamu sudah beli kain satin mahal untuk bikin gaun pengantin, pastinya kamu mau Anne Avantie yang mendesign dan membuat gaun pengantinmu, dan bukan tukang jahit rumahan atau malah permak levi’s keliling 😁

Sistem Bracket canggih kekinian ini masih sangat baru, terlebih di Indonesia. Hanya ada beberapa Ortodontis yang sudah tersertifikasi yang boleh memberikan perawatan ini, salah satunya adalah drg. Priska Hendrawan, SpOrt. @priskahendrawan salah satu Owner sekaligus Ortodontis di Kidz Dental Care & Orthodontic Clinic. Yuk segera hubungi klinik kami di ðŸ“ž 021- 5835 1000 atau 📲WA 085883299150 untuk appointment atau info-info lainnya 😉 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pardon for our slow response of your comments...