Senin, 13 Juli 2015

Pengobatan Gigi Anak Down Syndrome


Halo ayah dan bunda...

Sebagai orang tua dari si kecil yg berkebutuhan khusus seperti : down syndrome, autisme, cerebral palsy, ADHD dll, tentunya memiliki tantangan tersendiri dibandingkan anak biasa. Down Syndrome sebagai salah satu contoh keadaan anak special needs yg cukup sering dijumpai memiliki keunikan tersendiri. 

Baru-baru ini kami tim Dokter Gigi Anak Kidz Dental Care & Orthodontic Clinic berkesempatan merawat Karies Rampan pada Anak Down Syndrome usia 3 tahun

Rampan karies pada anak Down Syndrome usia 3 tahun
Karies rampan adalah keadaan dimana karies menyerang hampir seluruh gigi dalam mulut seseorang, bahkan mengenai gigi bawahnya, gigi yg sebenarnya paling rentan terhadap karies. 
Pada kasus ini seluruh giginya, yaitu 20 gigi terkena karies. 
Setelah diperiksa dan dianalisa secara menyeluruh, diambil kesimpulan bahwa anak tidak bisa dirawat di klinik gigi biasa , karena : 

  • Anak masih sangat kecil (3 tahun), belum mampu kooperatif
  • Tidak dapat dilakukan Restrain. Pada anak biasa perawatan dapat dilakukan dengan restrain (memegang erat badan dan kepala anak agar bisa dilakukan perawatan), namun pada kasus ini tindakan restrain sangat beresiko, karena anak DS memiliki otot punggung dan leher yg lemah. Tindakan restrain dapat menyebabkan masalah saraf bahkan kematian
  • Untuk menyelesaikan seluruh kasus dibutuhkan banyak sekali kunjungan, yg mungkin menyebabkan orang tua/ anak bosan dan akhirnya perawatan putus di tengah jalan & tidak tuntas. 
Akhirnya setelah berdiskusi antara orangtua, tim dokter gigi anak, dokter anak dan dokter anestesi ,  mengenai apa itu Perawatan Gigi dengan General Anesthesia, keuntungan dan resiko tindakan, akhirnya orangtua memutuskan untuk melakukan seluruh perawatan gigi sekaligus dengan Bius Umum atau General Anesthesia. 

Tim dokter gigi anak : drg.Olivia, SpKGA dan drg.Sella,SpKGA melakukan
perawatan gigi anak dengan Bius Umum atau General Anesthesia


Atas : Keadaan gigi anak sebelum perawatan (rampan karies, dengan 20 gigi
berlubang). Bawah : Keadaan gigi sesudah perawatan. 

Bagi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, misalnya seperti Down Syndrome, dengan kelainan gigi dan mulut yg parah, mulai saat ini tidak perlu takut dan kuatir lagi, karena perawatan gigi anak dengan Bius Umum sekarang sudah dapat dilakukan di Indonesia, dan tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri lagi. 

Artikel ditulis oleh : drg. Melissa, SpKGA
Foto Dokumentasi : drg.Olivia, SpKGA dan drg.Sella,SpKGA 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pardon for our slow response of your comments...