Sabtu, 28 Februari 2015

Social Story Pergi Ke Dokter Gigi Anak Autism

Buat mommies and daddies yg memiliki anak berkebutuhan khusus atau special needs children, seperti : Autism, Down Syndrom, ADHD, maupun anak2 yg memiliki kesulitan berkomunikasi, pastinya sempat merasa kuatir ketika ingin membawa mereka ke suatu tempat yg baru, kegiatan baru dsbnya, salah satunya adalah : pertama kali ke dokter gigi! 

Kita saja sebagai orang dewasa kadang merasa takut ke dokter gigi, apalagi si kecil yg memiliki kebutuhan khusus? 
Apa yg dapat kita lakukan untuk mempersiapkan anak agar tidak kaget dengan situasi dan aktivitas baru tersebut? 

Pernah dengar Social Story ? 
Social story pertama kali diperkenalkan oleh Gray dan Garand tahun 1991. 
Social story adalah :  
"Penggambaran singkat baik secara visual maupun tulisan mengenai situasi, aktivitas, event yang akan dihadapi anak dan mengapa"
Contoh social story
Courtesy of livingwellwithautism.com
Anak berkebutuhan khusus, seperti Autism memiliki kesulitan komunikasi dan bahasa, sehingga agak sulit untuk mengerti suatu penjelasan jika hanya melalui verbal. Mereka membutuhkan media lainnya untuk membantunya mengerti, misalnya : gambar, foto, bahasa isyarat, dsbnya. 
Karena kami, Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic sangat concern terhadap kesehatan gigi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, maka team dokter gigi anak kami : drg. Olivia Bratanata,SpKGA dan drg.Melissa Antonia,SpKGA berusaha menyusun social story khusus untuk kegiatan "Pergi ke Dokter Gigi"
Salah satu halaman social story "Pergi ke Dokter Gigi"
yg disusun oleh team Kidz Dental
Buku Social Story ini, terdiri dari : foto-foto, penjelasan secara tulisan dan gambar bahasa isyarat sebagai penunjang.  
Foto-foto menggambarkan situasi yg akan dihadapi anak di klinik gigi, alat-alat apa yg akan ditemui, dan apa yg akan dilakukan dokter gigi dll. Keterangan tulisan menjelaskan kejadian yg ada dalam foto. Selain itu kami tambahkan juga bahasa isyarat kombinasi metode Makaton dan PECS.

Apa yg harus dilakukan kita sebagai orang tua dengan Social Story ini ? 
Setelah kita menetapkan waktu kunjungan ke dokter gigi, luangkan waktu setiap hari untuk menjelaskan dan menceritakan "Pergi ke Dokter Gigi" dengan buku Social Story ini 
Metode ini dilaporkan cukup efektif untuk membantu anak mengerti dan menghadapi situasi baru yg akan ditemuinya. 

Bagi orang tua, guru, dokter gigi maupun pemerhati anak Autism yg tertarik ingin mendapatkan buku ini, silakan mengirimkan email ke : melissa.dentist@gmail.com atau thereob@yahoo.com kami akan mengirimkan file buku tsb kepada anda. 

Selamat mencoba... semoga buku ini dapat berkontribusi meningkatkan kesehatan gigi anak Indonesia, khususnya anak Autism. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pardon for our slow response of your comments...