Jumat, 01 November 2013

Mencegah Gigi Tetap Anak Berlubang dengan Pit & Fissure Sealants


Hallo Ayah & Bunda.... 

Gigi anak atau gigi susu yg sudah terlanjur berlubang tentunya sering membuat orang tua kuatir & bertanya-tanya "Bagaimana mencegah agar gigi tetap nantinya tetap bagus & tidak berlubang seperti gigi susunya ya?"
Nah... menjawab pertanyaan ini, berikut kami bagikan informasi cara mencegah gigi tetap anak supaya kuat & tidak berlubang...

Gigi yg paling rentan & paling sering terkena karies/ gigi berlubang adalah gigi geraham.
Hal ini disebabkan karena secara anatomis gigi geraham memiliki ceruk yg dalam sehingga sisa makanan mudah terjebak di dalamnya & tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi.
Gambar 1. Perbandingan ukuran bulu sikat gigi & ceruk gigi geraham
Sumber : http://www.deepdentalcare.com


Orang tua pun kadang tidak menyadari kalau ada gigi tetap yg sudah tumbuh karena berpikir tidak ada gigi geraham susu yg tanggal.
Sering orang tua "kecolongan" tiba-tiba gigi geraham tetap pertama tersebut sudah terlanjur berlubang dan mengatakan "Gigi yg berlubang itu gigi susu kan dok? Soalnya gigi geraham susu nya seingat saya belum ada yg tanggal. Nanti gigi ini masih ganti kan dok?"
Gigi geraham tetap pertama ini memang tumbuh tidak menggantikan gigi susu manapun, sehingga ia tumbuh sendiri tanpa ada gigi geraham susu yg tanggal dulu sebelumnya.
Gigi susu total jumlahnya 20, sedangkan gigi tetap jumlahnya antara 28-32 , sehingga ada gigi tetap yg memang sebelumnya tidak terdapat gigi susu.
Perhatikan gambar berikut ini....

Gambar 2. Gigi anak pada peiode gigi bercampur.
Gigi susu : gigi nomor 1-5, Gigi geraham tetap pertama : nomor 6

Gigi geraham pertama tumbuh di belakang gigi geraham susu paling belakang, sekitar usia 6-8 tahun.  Gigi geraham, dengan permukaannya yg berceruk adalah gigi & bagian permukaan gigi yang paling sering terkena karies. Geraham pertama tetap ini semakin rentan terkena karies karena tumbuh pada saat gerakan motorik anak menyikat gigi masih kurang optimal. Kadang anak-anak menyikat gigi cepat-cepat, tidak mencapai bagian paling belakang gigi dsbnya. Sehingga seringkali kami menemukan gigi geraham tetap ini sudah terlanjut berlubang pada anak-anak.

Namun tidak perlu kuatir ayah & bunda.... sekarang teknologi pencegahan karies gigi sudah sangat berkembang, sehingga kita bisa mencegah gigi geraham pertama ini berlubang dengan perawatan Pit & fissure sealents.  
Nah.... Apa itu Pit & fissure sealants?
Pit & fissure sealants adalah perawatan penutupan (seal) ceruk di gigi geraham, sehingga gak ada lagi sisa makanan yg terjebak dalam ceruk gigi. Supaya lebih jelas yuk simak gambar berikut ini...

Gambar 3. Perbandingan gigi sebelum&sesudah aplikasi sealant
Sumber : http://www.dentalwiz.in


Lalu bagaimana sih aplikasi sealants ini dilakukan? Yuk, simak gambar & keterangan berikut ini....

Gambar 4. Tata Cara aplikasi pit&fissure sealants.
Sumber : http://www.childrenschoicedental.com
1. Gigi geraham sebelum dilakukan sealant

2. Permukaan ceruk gigi geraham dibersihkan, bisa dengan sikat gigi elektrik khusus, atau kadang drg juga perlu membersihkannya dengan bur kecil bila ceruk sudah terlihat kehitaman / ceruk yang dalam, supaya bahan sealant bisa lebih awet menempel pada gigi.

3. Permukaan yang sudah dibersihkan diaplikasikan  asam khusus untuk membersihkan sisa-sisa kotoran & membuka pori-pori gigi, supaya bahan sealant dapat menempel dengan baik.

4. Aplikasi bahan sealant

5. Bahan sealant disinar supaya mengeras

6. Pit & Fissure sealant selesai diaplikasikan.







Nah... sekarang sudah jelas kan perawatan pencegahan pit & fissure sealant ini?
Yuk hubungi dokter gigi / drg Spesialis Kedokteran Gigi Anak anda dan konsultasikan lebih lanjut apakah si kecil perlu dilakukan perawatan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pardon for our slow response of your comments...