Rabu, 07 Maret 2012

Sebelum dan Sesudah Memakai Behel Gigi

Halo Mommies, Daddies dan Bloggers....
Punya gigi berantakan, gigi depan atas tonggos, gingsul, nyameh atau gigi bawah lebih maju daripada gigi atas? 
Jangan kuatir, dengan Behel Gigi atau Kawat Gigi, dokter gigi spesialis ortodontik, dan ke-kooperatifan anda melakukan kontrol ke dokter gigi, niscaya gigi yg berantakan bisa diperbaiki! 
Berikut ini kami bagikan cerita dan foto-foto keadaan gigi sebelum dan sesudah pemakaian Behel / Kawat Gigi atau keberhasilan yang dapat diraih melalui perawatan Ortodontik...


1. Merasa gigi tonggos seperti di bawah ini? 
 Pasien A sebelum memakai Behel gigi, mengeluh gigi atasnya tonggos dan renggang.

 Pasien A setelah memakai Behel Gigi, gigi sudah normal, dan rapih.


2. Anda punya gigi gingsul seperti ini?
Pasien B sebelum memakai Behel Gigi, mengeluhkan giginya yang gingsul

Pasien B sesudah memakai Behel, gigi gingsul atau gigi taring tidak dicabut melainkan diposisikan seperti posisi gigi taring yang normal.


3. Atau merasa gigi atas dan bawah berantakan tidak beraturan?
Pasien C sebelum memakai Behel Gigi, mengeluh giginya berantakan

Pasien C sesudah memakai Behel Gigi sudah rapih dan cantik.

4. Gigi anda tidak beraturan dan tidak sedap dipandang mata?
Pasien D sebelum memakai Behel Gigi, mengeluhkan gigi berantakan

 Pasien D sesudah memakai Behel Gigi dan perbaikan tambalan gigi depan, gigi rapih dan senyum cantik.

Jika kita melihat keadaan-keadaan sebelum dan sesudah memakai Behel Gigi diatas seperti magic ya... Namun hal tersebut bukanlah magic atau sulap, tetapi membutuhkan  proses perawatan yang melibatkan 3 faktor penting seperti sudah disebutkan diatas, yaitu: 
  1. Dokter gigi Spesialis Ortodontik
  2. Jenis Behel Gigi
  3. Ke-kooperatifan pasien atau pemakai Behel Gigi. 
Bila salah satu dari faktor diatas tidak ada maka hasil perawatan Behel atau Kawat Gigi bisa kurang optimal, gagal atau bahkan semakin memburuk lho... 
Misalnya saja sekarang ini banyak sekali pihak-pihak yang menawarkan jasa pemasangan kawat gigi, bila kita salah memilih, bisa-bisa gigi bukannya jd makin rapih, malah makin berantakan lho... lebih jelasnya bisa dibaca di artikel "Teliti Sebelum Pasang Behel Gigi". Ketahui juga bahayanya memasang behel gigi pada pihak-pihak yang tidak kompeten di "Bahaya Pemasangan Behel Gigi Murah di Tukang Gigi" 


Teknologi Behel Gigi yang ada sekarang memang sudah sangat berkembang, namun tetap saja dibalik kecanggihan teknologi dibutuhkan otak manusia untuk mengatur semuanya. Sama halnya dengan mobil sport mewah teknologi terbaru yang dapat melaju super kencang, namun bila dikendarai oleh orang yang belum mahir menyetir, tentulah sangat berbahaya bukan? 


Bila faktor pertama dan kedua sudah terpenuhi tapi pasien tidak kooperatif dalam melakukan instruksi dokter gigi, tentulah hasil yang didapat juga tidak optimal dan menambah lamanya perawatan 


Jadi... ingin gigi rapih dan cantik seperti foto-foto diatas? Yuk, hubungi Dokter Gigi Spesialis Ortodontik terdekat...
Artikel lainnya mengenai behel gigi silakan baca "Gigiku cantik dengan Behel Keren"

"This is an original article. Copying this article is allowed if you mention our Blog as the source"




Foto properti drg. Priska Hendrawan, SpOrt

Artikel ditulis oleh drg.Melissa Antonia, SpKGA. 

24 komentar:

  1. Thanks for great information you write it very clean. I am very lucky to get this tips from you



    Dental Implants Warwick NY

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Untuk informasi biaya silaka menelpon langsung ke klinik kami atau berkonsultasi langsung dengan drg spesialis ortodontik, karena hal ini tergantung jenis bracket & keparahan kasus. Terima kasih

      Hapus
  3. dok, kalau kasusnya gusi bagian atas menonjol akibat akar gigi (membuat bibir maju)... itu bisa diperbaiki ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo...

      Maaf baru sempat membalas.
      Pada umumnya kasus gigi maju yg disebabkan karena posisi gigi yg maju dapat diperbaiki dengan perawatan ortodontik yg benar. Namun saya sarankan Bapak/Ibu segera berkonsultasi langsung dengan dokter gigi / drg Spesialis Ortodontik untuk diperiksa dan mendapatkan jawaban perawatan yg lebih tepat.
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. dok,adik saya kebetulan punya masalah gigi graham yang sudah berlubang dan patah sebagian sisinya,makin lama giginya tertutup gusi,kalau di cabut giginya bisa tumbuh lagi gak ya?
    Mohon Balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo... maaf baru dibalas, karena somehow stelannya berubah...
      Jawabannya tergantung gigi gerahamnya masih gigi susu atau sudah gigi tetap. Kalau gigi tetap tentunya sdh tidak bisa tumbuh lagi. Saya sarankan anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat.
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  5. Dok , kalau pasang behel atas dn bawah berapah harganya , terus berapa lama selesai nya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Leenna...

      Unutk biaya terus terang saya tidak hafal, sebaiknya Leena menelpon langsung ke klinik : 021 58351000 atau 5812725, atau datang & berkonsultasi langsung dengan drg spesialis ortodontik kami : drg. Priska Hendrawan, SpOrt

      Hapus
  6. kasus saya agak rumit.
    sewaktu kecil saya dibilanng tembem.
    gigi kiri saya sudah berlubang, dan kanannya normal (gusi).
    dan pas smp scr tddk sengaja saya mengunyah batu kecil yg membuat ggigivkanan saya berlubang jg.
    awalnya sakit dan 3 hr kemudian sdh bisa buat makan.
    tp pas saya sudah masuk sma giigi mulai sakit.
    dan saya menggunakan gigi depan untuk mengunyah lama lama terbiasa.
    tp pas kls 2 saya baru sadar gigi depan saya kok tambah maju y dok . y bisa dibilang kyak hanoman & posisi kedua gusi saya agak kedalam
    dan kls 3 ini saya tutup lubangnya dan bisa makan sprti biasa .
    ket : gigi saya berantakan tp gk parah kyk diatas.
    pertanyaan : apa dg pasang behel saja sudah cukup untuk mengembalikan posisi mulut saya & pipi bisa tembem kyk dlu.
    ataukah perlu tindakan operasi.
    terimakasih dan maaf kalau terlalu panjang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Andik... terima kasih atas pertanyaannya....
      namun saya tidak terlalu dapat banyak membantu & menjawab, karena biasanya dokter harus menganalisa dulu profil muka pasien, tembem atau tidak , seberapa tonggosnya, dilihat pula rontgen pasien sebelumnya, dsbnya.... oleh sebab itu jika Andik berdomisili di Jakarta , sebaiknya langsung datang & berkonsultasi dengan drg spesialis ortodonti kami....
      atau dengan dokter spesialis ortodonti lainnya.....
      Ingat.... harus drg spesialis ortodonti ya.... Andik bisa pergi ke Fakultas Kedokteran Gigi untuk mendapatkan perawatan ortodonti yg baik dengan harga lebih terjangkau daripada dokter gigi praktik swasta....
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat....

      Hapus
  7. Halo dok.
    Saya udah pernah pakai behel. Dicabut atas bawah total 4 gigi. Tapi setelah perawatan selesai, gigi saya masih agak maju sama gak simetris.
    Kalo saya pasang behel lagi, kira2 bisa dicabut gigi lagi gak ya biar Ada ruang lebih mundur? Atau pilihan saya cuma bedah rahang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Queen...
      Untuk kepastian perawatan apa yg bisa dilakukan tidak dapat saya jawab disini, karena hal tsb harus mempertimbangkan kondisi gigi dan rahang secara keseluruhan. Sebaiknya mencari drg spesialis ortdodonti yg kompeten, atau bisa juga ke Bagian Ortodonti di Fakultas Kedokteran Gigi terdekat.

      Hapus
  8. halo dok,
    salah satu gigi depan saya gigi palsu dulu pasangnya di ahli bikin gigi,lalu sekarang gigi depan satunya ada caries sedikit....kira2 apa bisa dipasang behel karena gigi saya tonggos dan juga sy mau mengganti gigi palsu saya? lalu perawatan mana yang harus sy dahulukan membersihkan cariesnya ato pasang behel dulu?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Hani...

      Bisa/tidaknya gigi dipasang behel harus dilihat kasus per kasus, tapi setahu saya secara umum gigi karies, apabila sudah ditambal / sudah dipasang crown, bisa dipasang behel.
      Perawatan ortodontik dengan behel, adalah perawatan terakhir, sebelumnya keadaan gigi dan gusi harus sehat dulu.
      Saya sarankan Hani melakukan perawatan gigi dan ortodontik di dokter gigi spesialis ortodontik, bukan di ahli bikin gigi atau dokter gigi umum.
      Demikian jawaban saya, semoga membantu.
      Terima kasih

      Hapus
  9. halo dok,
    gigi depan saya salah satunya gigi palsu dulu pasang di ahli bikin gigi yg satu lagi ada cariesnya kira2 apa bisa dipasang behel?sy berencana mengganti gigi palsu sy tersebut lalu perawatan yg mana dulu yg sy dahulukan cariesnya ato ganti gigi palsu dulu ato behel?

    BalasHapus
  10. Hallo dok,
    Gigi depan saya yg atas ginsul karena itu gigi depan bagian bawah jadi g rapi. Jadi gigi depan saya terlihat berantakan. Tolong dokter beri saran tindakan apa yg saya ambil untuk merapikan gigi saya. Misalkan behel gigi, behel apa yg cocok saya gunakan. Berapa lama hrs dipakai sampai gigi saya rapi dan kira" berapa biaya perawatan + pemasangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo...

      Untuk perawatan ortodontik untuk mengatasi gigi berantakan, saya sarankan anda berkonsultasi dengan drg Spesialis Ortodontik, atau datang ke Institusi Pendidikan, seperti Fakultas Kedokteran Gigi, JANGAN ke Ahli gigi dan sejenisnya...
      Lamanya perawatan, jenis behel dan biaya harus dilihat kasus per kasus, namun untuk lama perawatan ortodontik rata2 berkisar 2 tahun, namun dapat juga lebih lama, tergantung kerumitan kasus, dan teratur tidaknya kita kontrol.
      Demikian jawaban saya, semoga dapat bermanfaat.
      Terima kasih

      Hapus
  11. Halo dok gigi bag atas dan bwah saya jika dirapatkan yg bag atas agak menutup gigi bag bwh saya apakah itu wajar apa butuh untuk pemasangan behel?? Dan satu lagi dok apakah pemasangan behel dapat merubah bentuk rahang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo...
      Betul normalnya memang kalau dikatupkan gigi atas menutupi kurang lebih 1/3 bagian atas gigi bawah.
      Untuk pemeriksaan lebih jelas apakah anda memerlukan perawatan behel atau tidak, sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi.
      Perawatan ortodontik berguna untuk memperbaiki susunan gigi & memperbaiki bentuk rahang JIKA dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodontik. Hati2 jangan sampai sembarangan pasang behel di tukang gigi ya...
      Terima kasih

      Hapus
  12. Hallo dok .
    Kalau boleh saya minta pin bbnya saja biar jelas kalau bertanya ke budokter.

    BalasHapus
  13. Hallo dok .mau tanya kalau psang behel tarif berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mufict,

      Perawatan ortodontik oleh drg Spesialis Ortodonti di klinik kami mulai dari Rp 15 Juta rupiah, berlum termasuk biaya kontrol per bulan.
      Terima kasih

      Hapus

Pardon for our slow response of your comments...