Kamis, 14 April 2011

Tips merawat gigi dengan behel gigi

Anda menggunakan behel atau kawat gigi? Lalu sudahkah anda membersihkan gigi secara seksama?
Karena keberadaan behel mempermudah sisa-sisa makanan menempel daripada gigi tanpa behel, sehingga pembersihannya perlu perhatian ekstra. Pembersihan yang kurang baik dapat menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut! Jangan sampai setelah perawatan kawat gigi selesai, gigi rapih namun banyak yang rusak dan berlubang...
Kebersihan mulut yang buruk selama pemakaian kawat gigi (kiri) dapat menyebabkan white spot lesion, yg bila didiamkan menjadi karies atau gigi berlubang (kanan).
sumber : http://www.chapmanortho.com/toothbrushing.html

Setiap kali sehabis makan, biasakan untuk berkumur-kumur dengan air putih dan membersihkan semua makanan yang menempel. Untuk pembersihan dapat digunakan 3 macam alat : Sikat gigi khusus ortodontik, sikat gigi interdental dan benang gigi atau dental floss. Bagaimana caranya? Yuk kita perhatikan gambar dan tips berikut ini....

Pertama : Menggunakan Sikat Gigi khusus Ortodontik dan Sikat Interdental
Step 1. Mulai dari bagian luar gigi, gunakan sikat dengan sudut lurus dengan gerakan memutar atau dari gusi ke arah gigi.



Step 2. Bersihkan terutama bagian perbatasan antara gigi dan gusi, tempat paling sering menempelnya sisa-sisa makanan. Caranya dengan menggerakkan sikat gigi dari arah gusi ke bawah (untuk rahang atas), dan ke arah atas (untuk rahang bawah), atau bisa juga dengan gerakan melingkar.

Step 3. Bersihkan gigi secara keseluruhan, arahkan sikat gigi ke arah atas (untuk rahang atas) dan bawah (untuk rahang bawah)

  

Step 4. Dengan perlahan bersihkan permukaan gigi tempat mengunyah pada rahang atas maupun bawah.






Step 5. Bersihkan bagian dalam dari gigi.




 


Step 6. Gunakan sikat gigi interdental, (bentuknya seperti sikat botol, tanyakan kepada Ortodontist anda dimana dapat membeli sikat ini) untuk membersihkan bagian gigi yang berada di bawah kawat melintang yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi biasa.



Kedua : Menggunakan Dental Flossing Dental Floss atau benang gigi berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi.
 
Step 1. Flossing dilakukan minimal 1 kali per hari. Dental floss harus dimasukkan ke bawah kawat, dapat menggunakan bantuan Floss threader

Step2. Masukkan ujung dari Floss Threader di bawah kawat dan tarik sampai dental flossnya masuk ke bawah kawat.


Step 3. Tekan dental floss keatas (rahang atas), atau bawah (rahang bawah) diantara gigi dan perlahan tarik ke arah yang berlawanan.
 

Step 4. Tarik keluar dental floss dan gunakan sisi lainnya untuk membersihkan permukaan gigi lain.



Bagaimana? Tidak sulit bukan? Hanya memerlukan waktu dan perhatian ekstra... Selamat mencoba...
Artikel menarik mengenai kawat gigi lainnya bisa anda baca di Orthodontic Information

4 komentar:

  1. terimakasih yaa,,,infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Thanx ea...
    AKU ANAK SD UDAH PAKE BEHEL NIH.......SEJAK KLZ 5 KMAREN!

    BalasHapus
  3. where to buy floss threader? makasih

    BalasHapus
  4. Dok.. yg 1 floss bisa pakai untuk berp gigi?

    BalasHapus

Pardon for our slow response of your comments...