Jumat, 21 Maret 2008

gigi anak gigis...kenapa ya??

sering kita melihat gigi anak-anak bagian atas yang hitam dan sudah keropos...??
orang-orang sering menyebutnya "gigis" apa sebenarnya yang terjadi? dan apa penyebabnya?

ya... gigi anak yang hitam atau gigis itu disebabkan karena karies gigi, atau yang sering disebut gigi berlubang.

apa sih penyebabnya gigi berlubang?

Tentu kita mengetahui bahwa di dalam mulut kita terdapat kelenjar ludah yang menghasilkan ludah atau saliva.
Saliva ini sangat berguna bagi mulut kita, karena selain berfungsi sebagai lubrikasi juga mengandung banyak sekali komponen2 dan mineral2 yang berguna memproteksi gigi dan mulut kita.

Namun selain itu saliva juga merupakan tempat hidup bakteri, bila lama tidak dibersihkan semakin banyak pula bakteri yg melekat pada gigi kita (itulah sebabnya mengapa kita merasa gigi dan mulut kita lengket bila lama tidak menyikat gigi)

Bakteri-bakteri tersebut melakukan metabolisme untuk mempertahankan hidupnya.
Untuk melakukan proses metabolisme mereka membutuhkan gula dan hasilnya adalah asam, yang dapat melarutkan mineral email gigi (demineralisasi email). Apalagi setelah makan makanan manis yang mengandung glukosa... wah makin senang bakteri2 itu karena dapat makanan & energi untuk berkembang biak

Bila hal ini dibiarkan (tidak dilakukan pembersihan, tidak bantuan fluor untuk mineralisasi email) maka terbentuklah suatu lubang atau kavitas gigi, atau gigi berlubang... nah demikianlah ceritanya bisa terjadi gigi berlubang...& berwarna hitam
Jika terdapat bantuan fluor (misalnya dari pasta gigi, makanan, minuman, obat kumur dsbnya), maka fluor dapat mencegah pelarutan email tersebut dengan remineralisasi sehingga memperlambat proses gigi berlubang


Oleh sebab itu supaya gigi anak tetap sehat dan bebas karies, kita harus melakukan pembersihan secara teratur.... Bahkan sebelum gigi anak tumbuh
Misalnya sesudah anak minum susu/ ASI, bersihkan rongga mulut anak dengan kain yang dililitkan pada ibu jari kita, celupkan dengan air hangat.

Bersihkan daerah gusi tempat gigi nantinya tumbuh, dan lidah.
Hal ini penting untuk membiasakan anak melakukan pembersihan gigi sejak dini, sehingga bila sudah tumbuh giginya anak tidak menolak untuk dibersihkan giginya.

Begitu pula ketika gigi anak sudah mulai tumbuh....
Setiap pagi dan sebelum tidur lakukan pembersihan pada gigi-gigi mungilnya supaya tetap sehat dan kinclong sampai berganti dengan gigi tetapnya....
Jadi ga ada lagi tuh gigi gigis...
selamat mencoba...!!

Thank you for reading this Article...
This Article is an Original Article , which was based on our thoughts, dental practice experience, science and Journal reviews.
If you want to copy this article, please mention our Link as a courtesy... :)


Artikel ini adalah Artikel Orisinil, yang kami tulis berdasarkan pemikiran, pengalaman praktik, ilmu pengetahuan dan tinjauan Jurnal.
Jika anda ingin mengutipnya, silakan mencantumkan alamat Blog kami ... :)

21 komentar:

  1. Hai all..
    ternyata setelah gw pny anak, bersihin gigi anak gw tuh ga semudah teori (walopun emaknya dktr gigi =p hehehe..). Btw, nice blog galz =)

    BalasHapus
  2. Dok, anak saya (22m) gigi depannya udah terlanjur menghitam.. Anaknya memang suka banget dg coklat dan kue2 manis, tapi sikat giginya susaaah banget.
    Dua gigi depannya udah mulai gigis, dan udah mulai 'menular' ke gigi sblhnya..

    masih bisa diperbaiki, dok?

    BalasHapus
  3. halo Ibu, terima kasih atas pertanyaannya.
    Gigi anak yang menghitam masih bisa diperbaiki kok. Silakan datang ke klinik kami, supaya bisa diperiksa langsung oleh dokter, selain itu ibu juga dapat berkonsultasi dengan dokter cara membersihkan gigi anak.

    BalasHapus
  4. endah nawangsari6 Juni 2011 00.15

    Hai dok,anak saya umur 20 bulan giginya sudah 16, namun 4 gigi atas yg didepan sudah mulai berubah warnanya apa ini awal mula akan terjadi karies gigi?
    selama ini saya rajin menyikat giginya 2X sehari pagi dan malam sebelum tidur.Sampai saat ini saya blm pernah membawa ke dokter gigi,krn anak saya tipe anak yg ga bisa tenang klo diperiksa dokter,bagaimana ya apa bisa ditangani gigi anak saya agar tidak tambah parah?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ibu Endah, terima kasih atas pertanyaannya. Gigi anak yg berubah warna belum tentu karies, bila tidak terdapat ceruk pada gigi bisa saja hanya pewarnaan atau "staining" dari makanan / minuman. Namun untuk diagnosa pastinya apakah karies atau bukan, harus diperiksa secara langsung.
      Usia 20 bulan memang biasanya anak belum bisa tenang, tapi ibu dapat mencoba untuk datang ke klinik gigi anak supaya diperiksa langsung oleh dokter gigi anak. Dokter gigi anak biasanya berpengalaman untuk menangani anak balita.
      Demikian jawaban kami, semoga membantu ya bu.

      Hapus
  5. halo ibu Endah, terima kasih atas pertanyaannya. Gigi anak yg berubah warna belum tentu karies, bila tidak terdapat ceruk pada gigi bisa saja hanya pewarnaan atau "staining" dari makanan / minuman. Namun untuk diagnosa pastinya apakah karies atau bukan, harus diperiksa secara langsung.
    Usia 20 bulan memang biasanya anak belum bisa tenang, tapi ibu dapat mencoba untuk datang ke klinik gigi anak supaya diperiksa langsung oleh dokter gigi anak. Dokter gigi anak biasanya berpengalaman untuk menangani anak balita.
    Demikian jawaban kami, semoga membantu ya bu.

    BalasHapus
  6. Hallo dok, saya Fajar umur 23 tahun, saya punya gigi gigis yang tidak tanggal sejak saya kecil hingga sekarang karena dari dulu takut ke dokter gigi, sekarang saya punya beban mental karena gigi gigis saya tampak lebih kecil dibandingkan gigi yang lain, pertanyaan saya, apakah mungkin seandanyai saya ke dokter untuk menanggalkan gigi tersebut akan tumbuh gigi baru yang ukurannya sama dengan gigi lainya? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fajar, terima kasih atas pertanyaannya.

      Bila benar Fajar tidak pernah mengalami tanggal gigi saat usia 5-7 tahun, kemungkinan gigi yg ada sekarang gigi susu yang sudah tumbuh sejak bayi dan tidak tanggal sampai sekarang.

      Gigi susu tidak tanggal karena tidak adanya benih gigi permanen. Memang pada orang-orang tertentu terdapat kelainan kurangnya benih gigi yang disebut Hypodontia. Untuk memastikan apakah Fajar mengalami hypodontia, Fajar harus memeriksakan diri ke dokter gigi dan melakukan rontgen foto dari situ baru dokter gigi dapat menyimpulkan kelainan yang dialami Fajar dan memberikan solusinya.

      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. hallo dok, saya mengalami masalah sama dengan ibu endah nawangsari yaitu anak saya sudah tumbuh 6 gigi tapi 4 gigi atas yg didepan sudah mulai berubah warnanya agak coklat dibagian atasnya padahal anak saya baru berusia 10 bulan. bagaimana ya dok cara mengatasinya. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ibu , terima kasih atas pertanyaannya, mohon maaf baru sempat membalas.
      Gigi anak yg berubah warna karena beberapa kemungkinan, yaitu karena karies & staining (pewarnaan)

      Bila warna pada warna kecoklatan juga terdapat ceruk atau permukaan gigi rusak berarti gigi mengalami karies atau gigi berlubang. Penanganan gigi karies terntunya dengan penambalan di dokter gigi

      Bila tidak terdapat ceruk pada gigi berarti hanya pewarnaan atau "staining" dari makanan / minuman. Namun untuk diagnosa pastinya apakah karies atau bukan, harus diperiksa secara langsung. Penanganan staining dapat dibersihkan oleh dokter gigi, dan dicari sumber penyebab staining. Seringkali staining ini disebabkan oleh zat besi yg sering disarankan dokter anak untuk membantu pertumbuhan sarafnya. Bila ini penyebabnya dapat dilakukan pembersihan gigi setiap kali habis minum zat besi tsb.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu

      Hapus
  8. halo dok...anak saya umur 5 tahun 3 bln,,tapi giginy sdh tanggal ,,hanya menyisakan gigi geraham belakangnya..apa bisa tumbuh lagi dok giginya...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo moms,

      Sayang sekali yah giginya susah tanggal sebelum waktunya..

      Namun jangan knawatir moms, apabila ada benih gigi tetap penggantinya, pasti bisa tumbuh lagi..

      Moms sebaiknya membawa sang buah hati untuk berkunjung ke dokter gigi yah untuk mengecek gigi beraham belakang yang tersisa supaya tidak gigis lagi dan supaya gigi tetapnya bisa tumbuh dengan baik..

      Demikoan jawaban kami, semoga bermanfaat..

      Hapus
  9. Hallo moms,

    Sayang sekali yah giginya susah tanggal sebelum waktunya..

    Namun jangan knawatir moms, apabila ada benih gigi tetap penggantinya, pasti bisa tumbuh lagi..

    Moms sebaiknya membawa sang buah hati untuk berkunjung ke dokter gigi yah untuk mengecek gigi beraham belakang yang tersisa supaya tidak gigis lagi dan supaya gigi tetapnya bisa tumbuh dengan baik..

    Demikoan jawaban kami, semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  10. Halo dok..anak saya usia 4Y2M, giginya udah gigis, dari jan'13 saya sdh bawa dia ke drg anak, untuk yang kanan atas bawah udh di tambal, untuk yg depan bag atas ata 4 gigi yg gigis, 2 udh di tambal dan 2 lagi karena masih ada polipnya kata drg nya harus dibersihkan dulu.
    pertanyaannya, bagaimana membuat polipnya mengecil/ hilang ?

    tks dokter

    -Lydia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ibu Lydia....

      Terima kasih atas pertanyaannya...
      Polip terjadi karena gigi berlubang dalam mengenai pulpa/ saraf&pembuluh darah dalam gigi. Pada anak karena pembuluh darahnya masih besar , gigi berlubang yg kena pulpa sering menimbulkan polip pulpa.
      Perawatannya biasanya polip tersebut harus diangkat/diambil dengan bius lokal/anestesi dulu sebelumnya, atau bisa juga dengan obat yg biasa digunakan untuk mematikan saraf gigi.
      Coba konsultasikan lagi dengan drg anak ibu, tindakan apa yg sebaiknya dilakukan untuk gigi dengan polip yg ada di si kecil. Karena tiap kasus berbeda penangannya dan kemungkinan adanya pertimbangan2 lain

      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat ya bu... :)

      Hapus
  11. hi dok, anak saya usia 2th dan sepertinya mulai mengalami karies gigi karena mulai nampak ada ceruk pada giginya...apakah dapat dicegah supaya tidak menghitam atau menjadi lebih parah?
    perawatan apa yang harus dilakukan? atau apakah ada obat untuk perawatannya?

    anak saya sulit sekali untuk dibersihkan giginya.mohon solusinya ya dok.

    terima kasih

    salam,
    stella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Stella....

      Terima kasih atas pertanyaannya....
      Pencegahan gigi yg sudah mulai mengalami karies & mengalami ceruk agar tidak bertambah parah adalah dengan penambalan, supaya sisa makanan tidak mudah terjebak dalam ceruk tsb & menjadikannya semakin dalam.
      Selain itu yg terpenting juga menjaga kebersihan gigi & mulut anak, tips-tips mencegah gigi berlubang dapat Bunda baca di http://kidzdentalcare.blogspot.com/2011/03/karies-gigi-pada-balita.html

      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat... :)

      Hapus
  12. Hi dok, mau bertanya... anak saya 2th 8bl, giginya rusak dan ada beberapa yang bolong, namun anak saya ini sulit sekali jika diminta untuk buka mulutnya. saya bingung jika ke dokter gigi apakah bisa berhasil ditambal? pernah baca artikel, bisa dibius agar dapat ditambal dengan sempurna. apakah memang harus sampai dibius seperti itu? apakah tidak bahaya?

    mohon info ya dok. terima kasih banyak


    tia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ibu Tia...
      Terima kasih atas pertanyaanya... Biasanya anak balita memang sulit untuk diminta buka mulut, namun dengan pendekatan khusus, suasana klinik yg nyaman maka niscaya si anak akan mau membuka mulut & dirawat giginya. Oleh sebab itu sebaiknya ibu mencoba membawa sang anak ke drg spesialis gigi anak, karena drg anak sudah dibekali pendidikan khusus untuk melakukan pendekatan anak.
      Orang tua juga dapat membantu mempersiapkan kunjungan pertama anak ke dokter gigi ini di rumah. Tips-tips membawa anak ke dokter gigi dapat dibaca di artikel kami : http://kidzdentalcare.blogspot.de/2011/03/membawa-anak-ke-dokter-gigi.html

      Untuk indikasi2 tertentu & bila pendekatan psikologis tidak berhasil dilakukan, solusi terakhir barulah dokter gigi akan menawarkan kepada orang tua untuk melakukan Perawatan Gigi dengan Bius Total. Tentunya sebelum prosedur ini dilakukan, diperlukan diskusi & pemeriksaan lebih lanjut. Bila ibu ingin mengetahui lebih lanjut informasi lengkap tentang "Perawatan Gigi dengan Bius Umum", silakan baca artikel kami : http://kidzdentalcare.blogspot.de/2014/07/perawatan-gigi-anak-dengan-bius-umum.html

      Demikian jawaban kami, semoga dapat bermanfaat....

      Hapus
  13. Hallo dok
    Hari ini anak saya 18 bulan bibirnya bengkak. Ternyata ada polip, giginya gigis tapi belum sampai hitam. Apakah masih bisa ditambal dok? Biar anak saya gak sakit lagi dok kasihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ibu/bapak...
      Mohon maaf baru membalas sekarang....
      Sebaiknya ibu/bapak segera berkonsultasi langsung dengan dokter gigi / drg spesialis anak terdekat, karena saya tidak bisa memastikan apakah gigi masih bisa ditambal atau tidak kalau tidak melihat langsung...
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat....

      Hapus

Pardon for our slow response of your comments...